Categories
Pendidikan

Pasar Monopoli

Pasar Monopoli

Pasar Monopoli

Output Pasar Monopoli

Suatu industri dikatakan memiliki struktur monopoli jika hanya ada satu produsen atau vendor (perusahaan tunggal) yang tidak memiliki pesaing langsung atau tidak langsung yang nyata atau potensial. Output yang dihasilkan tidak memiliki substitusi (tidak ada substitusi pengganti). Perusahaan tidak memiliki pesaing karena hambatan bagi perusahaan lain yang memasuki sektor ini.

 

Hambatan Teknis Pasar Monopoli

Mengingat alasannya, hambatan masuk dikelompokkan ke dalam hambatan teknis (hambatan teknis untuk masuk) dan hambatan hukum (hambatan hukum untuk masuk). Hambatan teknis (hambatan teknis untuk masuk) Tidak mampu bersaing secara teknis membuat sulit bagi perusahaan lain untuk bersaing dengan perusahaan yang ada.


Keuntungan Teknis Pasar Monopoli

  • Perusahaan memiliki kapasitas dan / atau informasi pribadi (informasi pribadi) yang memungkinkan produksi yang efisien.
  • Efisiensi tinggi memungkinkan perusahaan monopoli memiliki kurva biaya yang menurun (MC dan AC). Ketika skala produksi tumbuh, biaya marjinal berkurang, sehingga biaya produksi per unit (CA) menjadi lebih kecil (MC dan CA menurun).
  • Perusahaan memiliki kemampuan untuk mengendalikan sumber daya faktor produksi dalam bentuk sumber daya alam, sumber daya manusia atau lokasi produksi. Kelompok konglomerat di Indonesia memiliki kapasitas monopoli teknis yang dapat mengendalikan faktor-faktor produksi dalam bentuk bahan baku (misalnya batu kapur untuk pabrik semen). Selain bahan baku, faktor produksi yang dimonopoli oleh konglomerat adalah sumber daya manusia yang berkualitas, di mana lulusan universitas top Indonesia kebanyakan bekerja di perusahaan konglomerat dibandingkan dengan perusahaan kecil. Tempat produksi khusus juga menyediakan perusahaan dengan kapasitas teknis (biaya transportasi yang sangat rendah) yang menghasilkan tenaga monopoli.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :