Categories
Pendidikan

Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen rantai pasokan merupakan koordinasi keseluruhan kegiatan rantai pasokan, termasuk dalam peningkatan nilai pelanggan. Keputusan buat atau beli adalah pilihan antara memproduksi sebuah komponen atau jasa secara internal atau membelinya dari sumber luar perusahaan, pengalihdayaan adalah mengalihkan kegiatan perusahaan yang secara tradisional dilakukan secara internal ke pemasok eksternal.

Manajemen logistic

Manajemen logistic adalah untuk memperoleh efisiensi operasi melalui integrasi dari seluruh kegiatan akuisisi bahan baku, pemindahan, dan penyimpangannya.

System pengiriman

Jalur truk, jalur kereta api, jalur udara, jalur air, pipa saluran, multimodal.

Pergudangan

Sebuah gudang dapat berfungsi sebagai titik konsolidasi, mengumpulkan pengiriman dari berbagai sumber untuk mengirim ke luar dalam satu truk bermuatan penuh yang lebih murah. Saluran perakitan mengirim komponen dan modul untuk secar individu, alih-alih produk jadi ke distributor.

Logistic pihak ketiga

Manajer rantai pasokan melakukan pengalihdayaan ligsitik untuk mencapai tiga tujuan: mengurangi investasi persediaan, mengurangi biaya pengiriman, dan meningkatkan keandalan dan kecepatan pengiriman.

Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi mendesain jaringa distribusi untuk memenuhi harapan pelanggan menawarkan tiga kriteria: respons cepat, pilihan produk dan layanan. Perusahaan yang membutuhkan program manajemen pemasok yang efektif, program manajemen distribusi yan efektif akan membuat perbedaan antara rantai pasokan yang sukses dan yang gagal.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :