Categories
Pendidikan

Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik

Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik

Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik


1. Banyak Penjual

Seperti halnya struktur pasar kompetitifnya yang sangat baik, pasar persaingan monopolistik dicirikan oleh sejumlah besar perusahaan. Apakah tidak ada ukuran yang dapat digunakan untuk membatasi jumlah ‘Banyak’? (berapa ‘terlalu’). Namun, satu hal dapat dikatakan bahwa jumlah perusahaan di pasar cukup tinggi, sehingga partisipasi perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan total.


2. Produk yang berbeda

Produk yang dibedakan adalah produk yang memiliki sifat berbeda dari produk sejenis lainnya. Perbedaan karakteristik ini mengarah pada penampilan preferensi konsumen untuk produk tertentu daripada produk lain. Munculnya preferensi konsumen ini menunjukkan bahwa produk tidak lagi dapat sepenuhnya diganti oleh produk lain. Akibatnya, konsumen siap membayar untuk produk yang lebih mahal berdasarkan preferensi ini.

 

3. Bebas masuk dan keluar Pasar

Tetap sama dengan struktur pasar yang bersaing sempurna, jika perusahaan di pasar menghasilkan laba, ia akan segera mengundang perusahaan baru untuk memasuki pasar. Perusahaan baru memasuki pasar dengan mudah tanpa harus memasukkan biaya (tanpa biaya masuk). Demikian pula, perusahaan akan dengan mudah meninggalkan pasar ketika mereka menderita kerugian. Perbedaan utama antara struktur pasar persaingan monopolistik dan pasar persaingan sempurna terletak pada jenis produk yang dihasilkan. Dengan memproduksi produk yang berbeda, perusahaan dapat menetapkan harga untuk masing-masing produk mereka. Oleh karena itu, perusahaan dalam struktur pasar kompetitif monopolistik telah memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kekuatan pasar atau harga ekuilibrium.

Sumber : https://materi.co.id/